Cara Mendekatkan diri pada Alloh dalam Al Quran

Cara Mendekatkan diri pada Alloh dalam Al Quran
Cara Mendekatkan diri pada Alloh dalam Al Quran

Saranaberbagi.org – Sahabat Yasabi, pernah mengetahui cara artis/ selebritis melakukan pendekatan pada produser? Atau cara staf rendahan melakukan pendekatan pada bosnya? Untuk apa mereka melakukan pendekatan dengan atasannya? Ya, tentu saja agar karirnya mulus bahkan sebisa mungkin melesat!

Bayangkan… dari sekian banyak artis atau staf karyawan yang ada, bagaimana mungkin sang atasan bisa mengenali mana yang berpotensi bagus dan mana yang tidak jika tak didekati?

Lalu, pernahkah kita berpikir untuk melakukan pendekatan pada Allah yang menciptakan alam semesta? Agar kehidupan kita mulus dan lancar, bahagia dunia-akhirat?

Jika sudah terpikir untuk mendekat pada Allah, sudahkah tahu cara tercepat pendekatan pada-Nya? Berikut ini beberapa ayat Quran yang bicara tentang cara mendekatkan diri pada Allah, semoga bisa kita praktekkan:

1. Mengerjakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya (taqwa)

Tak usah neko-neko membuat ritual aneh dengan sesajen ini itu, sesungguhnya Allah tak meminta kita melakukan hal tersebut untuk mendekatiNya! Cukup dengan bertaqwa pada Allah, kerjakan apa yang Ia perintahkan dan jauhi apa yang ia larang, itu saja!

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan.” (Q.S. Al Maidah 35)

“Dan tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai daripada ia mengerjakan apa yang telah Aku wajibkan kepadanya. Dan tidaklah hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri kepada-Ku (setelah menjalankan yang wajib) dengan amal-amal sunnah sehingga Aku mencintainya.” (HR. Al-Bukhari)

2. Banyak mengingat Allah

Lihatlah kelakuan pemuda yang sedang pedekate pada seorang gadis, sudah otomatis ia akan banyak mengingat gadis tersebut siang dan malam, sering menyebut nama gadis itu minimal di dalam hatinya, serta selalu berharap pertemuan dengan sang gadis. Nah, seharusnya demikian pula yang kita lakukan ketika ingin mendekatkan diri pada Allah! Siang malam senantiasa mengingatNya dan berdzikir menyebut asma-Nya.

Dari Abi Hurairah r.a. bahwa Rasulullah Saw bersabda: “Allah berfirman: “Aku sesuai dengan sangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku akan bersamanya ketika ia berdzikir kepada-Ku, dan Allah SWT lebih senang dengan taubat seorang manusia dari pada seorang yang menemukan kembali perbekalannya di padang yang tandus.

Barangsiapa yang mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat kepadanya satu lengan, dan barang siapa mendekat kepada-Ku satu lengan maka Aku akan mendekat kepadanya dua lengan, dan jika ia menghadap kepada-Ku dengan berjalan maka Aku akan menemuinya dengan berlari,” (H.R. Bukhari Muslim)

“Perumpamaan orang yang mengingat Rabbnya dengan orang yang tidak mengingat Rabbnya bagaikan orang hidup dengan orang mati” (Muttafaq’ Alaihi). Firman Allah SWT dalam hadist Qudsi : “Aku menurut prasangka hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku bersamanya apabila dia mengingat-Ku. Bila dia mengingat-Ku pada dirinya maka Aku mengingatnya pada diri-Ku, dan jika dia mengingat-Ku pada suatu kelompok maka Aku mengingatnya pada kelompok yang lebih baik dari mereka. Jika dia mendekat satu jengkal kepada-Ku maka Aku akan mendekat satu hasta kepadanya, jika dia mendekat satu hasta kepada-Ku Aku akan mendekat kepadanya satu depa” (HR. Bukhari).

Baca juga: Janji-Janji yang Indah dalam Al-Quran

3. Melakukan amal shaleh

“Dan sekali-kali bukanlah harta dan bukan (pula) anak-anak kamu yang mendekatkan kamu kepada Kami, melainkan orang-orang yang beriman dan beramal soleh. Mereka itulah yang memperoleh balasan yang berlipat ganda disebabkan apa yang mereka telah kerjakan dan mereka aman sentosa di tempat-tempat yang tinggi (syurga).” (Q.S. Saba’ 34:37)

Apakah yang disebut dengan amal shaleh? Tentu saja segala jenis kebaikan yang kita lakukan pada manusia lain. Jelas bahwa Allah tidak menginginkan kita menjadi manusia goa yang berdzikir semalam suntuk selama berbulan-bulan tanpa berhubungan dengan manusia lain, kita bisa mendekat pada Allah dengan melakukan amalan shaleh pada sesama manusia. Ini tepat sebagaimana gambaran Rasulullah dalam hadits berikut ini:

Sabda Rasulullah: “Orang yang paling dicintai oleh Allah adalah orang yang paling berguna di antara manusia. Dan perbuatan yang paling dicintai oleh Allah adalah kegembiraan yang diberikan ke dalam diri orang muslim atau menghilangkan kegelisahan dari diri mereka, membayar utang atau bebannya dan menghilangkan rasa lapar mereka. Dan, sesungguhnya aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi hajatnya adalah lebih aku senangi daripada beriktikaf di masjid selama satu bulan.” (HR Thabrani)

Demikianlah beberapa cara mendekatkan diri pada Allah yang termaktub dalam Al Quran, semoga kita terinspirasi untuk mempraktekkannya. Semangat mendekatkan diri pada Allah!

Pengunjung Juga Mencari:

  • allah
  • memohon kepada allah

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *